Senin, 02 Juli 2012

PERKEMBANGAN IPTEK PADA MASA PERANG DUNIA II (materi IPA)




1.      Penggunaan tangki-tangki pada konflik perang dunia I dan bom atom pada Dunia II menunjukkan tanda-tanda yang sama sebagai tanggapan dari rangsangan kebutuhan militer yang mendesak.
2.      Perang udara menjadi salah satu ciri dari inovasi teknologi yang telah mengubah perang  konvensional di darat dan di laut.
3.     Penemuan spektakuler  yang terjadi pada masa perang ke II adalah penggunaan bom atom sebagai senjata pemusnah massal.
4.     Menilik dari sejarahnya, atom pertama kali ditemukan oleh  Democritos. Menurutnya atom adalah benda terkecil yang tidak dapat dipecah-pecah lagi.
5.     Berdasarkan rumus relativitas Albert  Einstein mengemukakan bahwa ada energi laten / potensial  /  tersembunyi di dalam atom.
6.     Tahun 1935 Leo Szilard mengatakan “ tiba-tiba saya berfikir,kalau ita dapat menemukan suatu unsur yang dipecah oleh neutron-neutron yang akan melepaskan dua neutron ketika neutron tersebut menyerap satu neutron, maka unsur seperti itu jika dikemas dalam massa yang cukup besar akan dapat menunjang suatu reaksi nuklir berantai.”
7.     Enrico Fermi mengungkap dalam inti atom  tersimpan energi potensial (tenaga yang sangat hebat yang masih tersembunyi).
8.      Lise Meitner, Otto  Halm  dan Frits Strassman berkesimpulan bahwa unsur-unsur aneh dalam transportasi uranium adalah isotop barium.
9.     Munculnya suatu teori bahwa inti atom dari uranium dapat dipecah menjadi dua bagian yaitu positif dan negatif yang sama dan dalam proses pemecahannya melepaskan sejumlah energi yang luar biasa besarnya.
10.    Kalangan ilmuan khawatir jika nuklir akan digunakan sebagai senjata oleh  kekuatan fasisme pimpinan Jerman dan di Komando oleh Adolf Hitler untuk melawan kekuatan demokrasi pimpinan Amerika Serikat.
11.    Leo Szilard dan Enrico Fermi mendesak Alexander Sachs dan  Presiden Amerika Serikat Roosevelt serta menulis surat kepada presiden dan mendesak Albert Einstein untuk memberi tahukan tentang bahaya penggunaan uranium jika Jerman menggunakan sebagai senjata.
12.    Albert Einstein adalah orang Jerman yang dibenci kaum Fasisme dan mengatakan kekuatan harus dihadapi dengan kukuatan.
13.    Albert Einstein akhirnya mengirimkan surat kepada Roosevelt pada tanggal 2 Agustus 1939yang isinya mengenai informasi tentang lemahnya Amerika Serikat karena Amerika Serikat hanya sedikit memiliki biji uraium sementara Jerman lebih banyak memiliki biji uranium.
14.   Albert Einstein menginformasikan bahwa sejenis atom baru berkekuatan sangat dahsyat dapat dibuat.
15.   Pada 12 Oktober 1939 usulan Einstein ditanggapi oleh Roosevelt dan akhirnya dibentuk Komite Uranium  yang bertugas menyelidiki potensi atom uranium.
16.    Atas paparan Bush, Roosevelt menyetujui rencana pembuatan bom atom.
17.    Tanggal 7 Desember 1941 pangkalan Amerika di Pearl Harbour diserang Jepang.
18.    Tanggal 12 April 1945 presiden F.D. Roosevelt meninggal dunia dan digantikan oleh  Harry S. Truman yang meneruskan proyek Manhattan.
19.    Rancangan bom atom telah selesai dibuat   di kota Los Alomos yaitu:
a.      Kingman  (Little Boy) yang berbentuk kurus dari ikon Rooseevelt.
b.      Fat Man yang berbentuk gemuk dari ikon Winston Churchill.
20.   Untuk melakukan uji coba bom atom dibentuk Skuadron 393 oleh Paul Tibbets.
21.   Presiden Harry S.  Truman memerintahkan agar bom atom dijatuhkan di kota Hiroshima dan Kokuro serta Nagasaki sebagai cadangan.
22.    Alasan dipilihnya kota Hiroshima untuk uji coba bom atom adalah sebagai berikut:
a.      Hiroshima adalah basis militer dan pusat logistik .
b.      Hiroshima merupakan pusat pengendalian perekonomian dan pemerintahan di distrik Chugoku.
c.       Letak geografis Hiroshima satrategis, sehingga ilmuan Amerika dapat dengan mudah mengukur daya kekuatan bom atom.
23.   Tanggal 6 Agustus 1945 kota Hiroshima dijatuhi  bom atom dipimpin oleh Paul Tibbets dari Skuadron 393 dan pesawat yang digunakan B-29 No. 91 bom atom yang dibawa Little Boy.
24.  Tanggal 19 Agustus 1945 kota Nagasaki dijatuhi bom atom dipimpin oleh Letkol Asworth dan Mayor Chuck Sweeney dari Skuadron 393 dengan pesawat B-29.
25.   Tanggal 14 Agustus 1945 Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu.
26.   Penggunaan bom atom oleh Amerika Serikat dengan alasan untuk mengakhiri perang dengan cepat agar Jepang menyerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar